Gejala Campak Pada Orang Dewasa

Gejala Campak Pada Orang DewasaPenyakit campak merupakan salah satu penyakit yang disebabkakn oleh terjadinya suatu infeksi yang bisa menyerang anak-anak yang mengalami kekurangan gizi. Biasanya penyakit campak disebabkan karena virus yang penularannya cepat, dan biasanya terjadi dalam bentuk wabah. Gejala campak pada orang dewasa yang ditunjukkan dari penyakit campak adalah biasanya demam yang terjadi yang dibarengi dengan batuk, hidung dan mata yang juga berair. Perasaan yang dirasakan lemah dan juga lelah oleh si penderitanya. Biasanya dalam beberapa hari, akan muncul ruam atau bintik-bintik merah besar yang akan kelihatan di kulit dan muka pada bagian leher dan juga pada bagian selaput lendir mulut.

Gejala Campak Pada Orang Dewasa

Gejala Campak Pada Orang Dewasa

 Penyakit Campak

Campak juga dikenal dengan nama morbili atau morbillia dan rubeola (bahasa Latin), yang kemudian dalam bahasa Jerman disebut dengan nama masern, dalam bahasa Islandia dikenal dengan nama mislingar dan measles dalam bahasa Inggris. Campak adalah penyakit infeksi yang sangat menular yang disebabkan oleh virus, dengan gejala-gejala eksantem akut, demam, kadang kataral selaput lendir dan saluran pernapasan, gejala-gejala mata, kemudian diikuti erupsi makulopapula yang berwarna merah dan diakhiri dengan deskuamasi dari kulit.

Gejala campak pada orang dewasa yang juga ditandai dengan bntil merah tersebut, kemudian disertai dengan serpihan yang mendadak yang warnanya kemerahan dan biasanya akan menyebar ke seluruh tubuh. Kemudian jika keadaannya parah, maka suhu badan akan mengalami kenaikan hingga mencapai 40 derajat atau lebih dan pada penderita biasanya hal ini akan dirasa sangat sakit sekali. Biasanya pembengkakan juga akan terjadi didaerah mata, dan akan terasa gatal-gatal pada kulit.

Penyakit campak biasanya disertai panas badan dan timbul bintik-bintik merah atau hitam pada kulit tubuh. Penyebab campak adalah paramyxovirus yang masuk melalui hidung dan tenggorokan dari udara dan secara cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Gejala Penyakit Campak

a. Hari 1-3 :

– Demam tinggi.
– Mata merah dan sakit bila kena cahaya.
– Anak batuk pilek
– Mungkin dengan muntah atau diare.

b. Hari 3- 4 :

– Demam tetap tinggi.
– Timbul ruam / bercak-bercak merah pada kulit dimulai wajah dibelakang telinga menyebar cepat ke seluruh tubuh.
– Mata bengkak terdapat cairan kuning kental

c. Hari 4 – 6 :

– Ruam berubah menjadi kehitaman dan mulai mengering
– Selanjutnya mengelupas secara berangsur-angsur
– Akhirnya kulit kembali seperti semula tanpa menimbulkan bekas
– Hilangnya ruam sesuai urutan timbulnya.

Cara Penularan Penyakit Campak

  1. Penularan dari orang ke orang melalui percikan ludah dan transmisi melalui udara ( sampai 2 jam setelah  penderita campak  meninggalkan ruangan ).
  2. Waktu penularan 4 hari sebelum dan 4 hari setelah ruam.
  3. Penularan maksimum pada 3-4 hari  setelah ruam.

Komplikasi Penyakit Campak

Untuk melakukan perawatan gejala campak pada orang dewasa adalah dengan mencegah terjadinya suatu penyerangan dan juga suatu penularan yang terjadi pada penyakit campak ini dan melakukan vaksinasi. Jika penyakit ini sudah terkena sebaiknya dilakukan oleh dokter.

Sedangkan cara mengatasi penyakit campak pada bayi dilakukan dengan vaksin campak yang merupakan imunisasi yang dilakukan secara rutin pada mereka yang masih ana-anak. Biasanya vaksin ini akan diberikan dalam bentuk kombinasi dengan penyakit gondongan dan juga penyakit campak jerman. Vaksin ini isuntikkan pada bagian otot paha dan juga lengan atas. Namun, hanya mengandung campak, biasanya vaksin ini diberikan pada mereka yang masih berusia 9 bulan. Dalam bentuk MMR, dosis pertama yang diberikan adalah pda mereka yang berusia 12-15 bulan, kemudian dosis kedua diberikan pada mereka usia 4-6 tahun.

Faktor Penyebab Penyakit Campak

  • Infeksi virus rubeola
  • Resiko meningkat pada : lingkungan padat dan kotor, tidak mendapat imunisasi, wabah campak

Campak ditularkan melalui penyebaran droplet, kontak langsung, melalui sekret hidung atau tenggorokan dari orang yang terinfeksi. Masa penularan berlangsung mulai dari hari pertama sebelum munculnya gejala prodormal biasanya sekitar 4 hari sebelum timbulnya ruam, minimal hari kedua setelah timbulnya ruam.

Beberapa faktor lain yang meningkatkan resiko terjadinya campak antara lain :

a. Umur
b. Jenis Kelamin
c. Umur Pemberian Imunisasi
d. Pekerjaan
e. Pendidikan
f. Imunisasi
g. Status Gizi
h. ASI Eksklusif
i. Lingkungan

Cara Mengobati Penyakit Campak

Cara mengobati penyakit campak secara alami adalah dengan menggunakan ramuan dibawah ini :

  1. Ramuan 1
    Bahan : biji buah nangka, air
    Cara membuatnya adalah : rebuslah biji buah nangka sampai mendidih, kemudian setelah itu sariinglah air rebusan dan kemudian ditiriskan. Setelah itu ramuan siap untuk diminum.
    Cara minum : minumlah ramuan ini sehari 2 kali. Diminum di pagi dan sore hari. Lakukanlah cara ini dengan teratur.
  2. Ramuan 2
    Bahan : daun asam muda, kunyit
    Cara membuat : tumbuklah sampai halus daun asam muda serta kunyit dengan secukupnya saja. Kemudian ramuan ini bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal akibat dari penyakit campak.
    Cara menggunakannya adalah : balurkan obat ini ke tubuh si penderita, lakukanlah cara ini dengan teratur.

Anda bisa memilih salah satu dari kedua resep diatas. Anda akan merasakan efek yang maksimal jika dilakukan secara teratur dan rutin.

Gejala Campak Pada Orang Dewasa


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Campak dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Campak and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *